Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Puskesmas Padang Bulan

Authors

  • Paula Krismadu Maulina Malau Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan Author
  • Vina Yolanda Sigalingging Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan Author
  • Imelda Derang Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan Author

DOI:

https://doi.org/10.52317/955yvc22

Keywords:

Mahasiswa, Mutu Pelayanan, Kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang : Muetue peelayanan keeseehatan adalah tingkat layanan keeseehatan bagi Masyarakat yang dimana uentuek meeningkatkan keeseehatan yang optimal, seesueai deengan standar peelayanan, dan peerkeembangan ilmue peengeetahuean teerkini, seerta uentuek meemeenuehi hak dan keewajiban pasieen sehingga dengan adanya keepueasan ataue keetidakpueasan yang dimana adalah reespon peelanggan teerhadap eevalueasi keetidak seesueaian (disconfirmation) yang dipeerseepsikan antara harapan awal dan kineerja aktueal yang dirasakan. Banyak faktor peenyeebab keetidak pueasan pasieen salah satuenya adalah faktor komuenikasi dari dokteer dan peerawat, hal ini sangat meempeengaruehi tingkat keepueasan pasieen kareena deengan ini dapat meemeenuehi harapan-harapan meereeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Padang Bulan Tahun 2024.
Metode : Rancangan penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Instrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner mutu pelayanan Kesehatan dan kepuasan pasien.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa  mutu pelayanan Kesehatan mayoritas tertinggi sebanyak 73 responden (76,8%). Dan kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 63 orang (66,3%). Uji Chis Square diperoleh nilai p value 0,000 (p<0,05).
Kesimpulan : Uji statistic Chisquare diperoleh nilai p-value 0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat Hubungan mutu pelayanan Kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya lebih memperhatikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien BPJS.

References

Amalina, Nurul, Gisely Vionalita, Erlina Puspitaloka, and Erna Veronika. 2021. “Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor Tahun 2021.” Journal of Hospital Management 4(02):101–11.

Christiany, Maya. 2022. “Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Program Studi Ilmu Keperawatan , Stikes Citra Delima Bangka Belitung * Email : Maryana385@yahoo.Com.” 5(2):105–12.

Cynthia silsilia tailaso. 2018. “PUSKESMAS BAHU KOTA MANADO PENDAHULUAN Mutu Pelayanan Kesehatan Adalah Pelayanan Yang Dapat Memberikan Kepuasan Kepada Setiap Pemakai Jasa Pelayanan Kesehatan Sesuai Dengan Tingkat Kepuasan Yang Kesehatan Dapat Memenuhi Seluruh Harapan Pelanggan Melalui P.” Hubunga Mutu Pelayanan Kesehatan Denga Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado 7:1–10.

Dyah, Fithria, Ayu Suryanegara, Dian Medisa, and Abdul Aziz. 2015. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rsud X Yogyakarta 2015.” Jurnal Ilmiah Farmasi 11(2):30–65.

Eliya Astutik, Emi. 2020. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Rawat Jalan Di Puskesmas.” Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi 8(2):158–63. doi: 10.36858/jkds.v8i2.243.

Elvina, Mira, and Surna Lastri. 2023. “KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2023.” 4:6686–93.

Etlidawati, and Dyah Yulistika Handayani. 2017. “Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional.” Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan 15(3):142–47.

Fitriyah, Erna Tsalatsatul, and Faishol Roni. 2021. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Rawat Inap.” 5(1):38–50.

Johar. 2006. Manajemen Rumah Sakit Modren.

Karunia, Melita, Nurul Azizah, Oktaviana Rahayu, Putri Sovia Melati, and Aris Prio Agus Santoso. 2022. “Mutu Dan Kepuasan Terhadap Pasien.” Journal of Complementary in Health 2(1):63–66. doi: 10.36086/jch.v2i1.1494.

Khafifah, Nurul, and Razak Amran. 2022. “Relationship of Health Service Quality with Patient Satisfaction BPJS Puskesmas.” Hasanuddin Journal of Public Health 3(2):212–22.

Malik, Supriadi Abdul. 2023. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center , Nort.” 6(6):552–62.

Mentang, Jelly, Adisty Rumayar, and Febi Kolibu. 2018. “Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Taratara Kota Tomohon.” Kesmas 7(5):1–7.

Mujiharti, rahayu. 2024. “Attribution-NonCommercial 4.0 International. Some Rights Reserved Artikel.” Jurnal Kesehatan Rajawali XIV:18–21.

Muninjaya, A. A. Gde. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.

Napitu, Januarizkah. 2020. “Hubungan Diagnosa Keperawatan Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien.”

Oktaviana Putri, Rahayu Winarti, Windyastuti. 2020. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas Suka Makmur.” Jurnal Ners Nurul Hasanah 8(2):49–58.

PERMENKES RI Nomor 30. 2022. “Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi Darah.” Advanced Drug Delivery Reviews 89–91.

Pohan. 2007. “Pohan,Imbalo, MPH,MHA,DR 2024 Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan, ISBN 979-448-727-9.”

Putri. 2022. “Putri E. M. Rahmi., Paramitha, D.D,2022, Buku Ajar Manajemen DIII Keperawatan Jilid II Jakarta Mahakarya Citra Umum.”

Roza, Andalia, and Putri Wulandini. 2018. “Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsud Pekanbaru.” Jurnal Keperawatan Abdurrab 2(1):54–60. doi: 10.36341/jka.v2i1.488.

Safitri, Rahayu Aliya. 2019. “Dampak Yang Dihasilkan Jika Tidak Melaksanakan Keselamatan Terhadap Pasien.” Osfpreprints 1–10.

Sapitri, Poni, and Irda Sari. 2021. “Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Rawat Inap Ciranjang.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1(10):1323–33. doi: 10.36418/cerdika.v1i10.198.

Sarata, Mega Inang Marsalina, Yoseph Kenjam, and Yuliana Radja Riwu. 2023. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poli Umum Puskesmas Kapan Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan.” SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 2(2):456–67. doi: 10.55123/sehatmas.v2i2.1833.

Shilvira, A., A. D. Fitriani, and B. Satria. 2022. “Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan.” Ilmu Psikologi Dan Kesehatan 1(3):205–14.

Staryo, Nur Aini, Merita Eka Rahmuniyati, Komang Ayu, Trisna Aji, Yelli Yani Rusyni, Program Studi, and Kesehatan Masyarakat. 2022. “Di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19.” 3(4):647–55.

Syevisusanti, 2020. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020.” 2507(February):1–9.

Tridiyawati, Feva, and Deska Prahasta. 2022. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 11(02):144–50. doi: 10.33221/jikm.v11i02.774.

Utami, Amelia Tri, Hadi Ismanto, and Yuni Lestari. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi KAsus Pasien Rawat Jalan Di Unitit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Pendidikan Brigade Mobile Watukosek).” Kebijakan Dan Manajemen Publik 1(1):83–96.

Velanda, Velanda, Dedek Sutinbuk, and Sabda Wahab. 2024. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rias Kabupaten Bangka Selatan.” Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat 8(3):493–99. doi: 10.31943/afiasi.v8i3.308.

Yulihardi, Yulihardi, and Akmal Akmal. 2019. “Ketersediaan Sarana Prasarana, Kompetensi Kerja Dan Iklim Organisasi Dalam Mempengaruhi Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa (Rsj) Puti Bungsu Padang.” Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review 10(4):481–92. doi: 10.36975/jeb.v10i4.249.

Yusra, Yusra. 2020. “Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS.” Jurnal SAGO Gizi Dan Kesehatan 1(2):201. doi: 10.30867/gikes.v1i2.416.

cover

Downloads

Published

2025-02-17