PENDAMPINGAN PENDAFTARAN JKN DAN SOSIALISASI APLIKASI MOBILE JKN DI DUSUN KELAPA DESA MELATI II KABUPATEN SERDANG BEDAGAI KECAMATAN PERBAUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.52317/jupkes.v4i2.59Keywords:
JKN, Pendampingan, SosialisasiAbstract
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program strategis pemerintah Indonesia dalam mewujudkan sistem jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh masyarakat. Diluncurkan sejak tahun 2014 dan dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, JKN bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang adil, merata, dan terjangkau. Program ini mencakup berbagai layanan kesehatan mulai dari promotif, preventif, kuratif, hingga rehabilitatif. Meskipun telah mencakup lebih dari 80% populasi Indonesia, tantangan masih muncul dalam aspek pembiayaan, kepatuhan peserta, kualitas pelayanan, dan pemerataan akses di daerah terpencil. Dengan terus dilakukan perbaikan sistem dan sosialisasi kepada masyarakat, JKN diharapkan mampu menjadi fondasi utama dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. Pengabdian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan sekunder. Sasaran pengabdian ini adalah kepala keluarga di Dusun Kelapa sebanyak 75 KK.. adapun hasil kegiatan Pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat melalui penyuluhan, bertambahnya peserta JKN melalui pendampingan pendaftaran kepesertaan, memberikan pemahaman baru kepada masyarakat mengenai kemudahan mengakses layanan JKN secara mandiri. Banyak peserta yang sebelumnya belum mengenal aplikasi ini kini mampu menggunakannya untuk keperluan administrasi kepesertaan. Keberhasilan kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukatif dan partisipatif sangat efektif dalam mendorong kesadaran serta keterlibatan masyarakat terhadap program jaminan sosial nasional.
References
Andi M, dkk. 2021. Pendampingan Keluarga Dalam Penggunaan Mobile JKN Dalam Pelayanan Kesehatan Di Kab. Soppeng
Aryani N, Fitri RA, 2023. Hubungan pengetahuan dengan kepesertaan bpjs pada masyarakat di wilayah kerja puskesmas gedong tataan kabupaten pesawaran.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. (2023). Laporan Kinerja BPJS Kesehatan Tahun 2023. Jakarta: BPJS Kesehatan.
Fransisika D, 2023 bahwa Efektivitas Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional dalam Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Tandun Nusa Lima Medika
Fenny D, 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Dalam Mewujudkan Universal Health Coverage (Uhc) Di Kecamatan Medan Baru
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kurniawan, D. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatakn JaminanKesehatan Nasional DI Wilayah Kerja Puskesmas Tamalanrea Jaya
Patricia P, 2024. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Palembang
Putri R, 2023. Analisis Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Jkn (Jaminan Kesehatan Nasional) Di Wilayah Kerja Kecamatan Indralaya Utara
Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia.. 2011. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Sekretariat Negara.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Indriyani, S. P. and Kurniadi, D. 2017 ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Unit Sistem
Indanazulfa. 2022. Hubungan Pengetahuan Dan Persepsi Pasien Dengan Pemanfaatan Layanan Bpjs Di Klinik Pratama Bagus Samudra.
Wulanadary, A., Sudarman, S., & Ikhsan, I. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melva saragi, Julisna Elita Purba, Cathy Ghita Sinurat (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.