EDUKASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PAUD

Authors

  • Zhilla Rahim Universitas Syiah Kuala Author
  • Maulida Shanti Yusuf Universitas Syiah Kuala Author
  • Rahmi Wardah Ningsih Universitas Syiah Kuala Author
  • Dewi Yunisari Universitas Syiah Kuala Author
  • Sri Wahyuni Universitas Syiah Kuala Author

DOI:

https://doi.org/10.52317/jupkes.v4i2.58

Keywords:

Anak usia dini, Edukasi, Gadget, Interaksi Sosial

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan anak-anak, termasuk pada aspek interaksi sosial. Anak usia dini, khususnya usia 5-6 tahun, kini semakin akrab dengan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, penggunaan yang berlebihan dan tanpa pengawasan dapat berdampak negatif pada kemampuan anak dalam membangun hubungan sosial, seperti menurunnya empati, keterampilan komunikasi dan kecenderungan menjadi individualis. Berdasarkan fenomena tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada orang tua dan guru PAUD mengenai dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini serta cara mengelola penggunaan secara bijak. Kegiatan ini menggunakan metode pemberian edukasi dimana sebelumnya akan dikaji terlebih dahulu melalui artikel terkait, dilanjutkan dengan penyusunan materi dan pelaksanaan pemberian edukasi kepada guru dan orangtua. Hasil dari kegiatan edukasi ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran peserta tentang pentingnya pembatasan dari penggunaan gadget serta perlunya memberikan stimulasi sosial yang seimbang melalui aktivitas bermain bersama, komunikasi langsung dan keterlibatan anak dalam kegiatan kelompok.

References

Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. AL-IRSYAD AL-NAFS: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v10i1.41022

American Academy of Pediatrics. (2020). Media and Young Minds. https://pediatrics.aappublications.org/content/138/5/e20162591

Devindah, T. O., & Zulkarnaen, Z. (2024). Pengaruh Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 357–365. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.544

Febrianti, S. D. A., & Sulaiman, S. (2022). Perilaku Terhadap Gadget dan Dampak Negatifnya pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Desa Padang Tikar Dua Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i2.2084

Filza, N. I., & Wulandari, H. (2023). Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 210–218. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21931

Jafri, Y., & Dafega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Usia 3–6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), 76–82. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/573

Oktaviana, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 12–20. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544

Paramasanthi, G. A. M. L., Witari, N. P. D., & Riandra, N. P. I. K. (2024). Hubungan Lama Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah di TK Tunas Mekar Sari, Denpasar. Aesculapius Medical Journal, 4(2), 239–243. https://doi.org/10.22225/amj.4.2.2024.239-243

Putri, A., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5–6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 123–130. https://aulad.org/aulad/article/view/677

Saputra, E. (2021). Dampak Bermain Gadget Pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 45–52. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1233

World Health Organization. (2021). Guidelines on physical activity, sedentary behaviour and sleep for children under 5 years of age. https://www.who.int/publications/i/item/9789241550536

Zuhra, H., Husnaini, N., & Imran, K. S. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2–3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 45–52. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/5721

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

EDUKASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PAUD. (2025). Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(2), 37-41. https://doi.org/10.52317/jupkes.v4i2.58

Similar Articles

1-10 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.