EDUKASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PAUD
DOI:
https://doi.org/10.52317/jupkes.v4i2.58Keywords:
Anak usia dini, Edukasi, Gadget, Interaksi SosialAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan anak-anak, termasuk pada aspek interaksi sosial. Anak usia dini, khususnya usia 5-6 tahun, kini semakin akrab dengan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, penggunaan yang berlebihan dan tanpa pengawasan dapat berdampak negatif pada kemampuan anak dalam membangun hubungan sosial, seperti menurunnya empati, keterampilan komunikasi dan kecenderungan menjadi individualis. Berdasarkan fenomena tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada orang tua dan guru PAUD mengenai dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini serta cara mengelola penggunaan secara bijak. Kegiatan ini menggunakan metode pemberian edukasi dimana sebelumnya akan dikaji terlebih dahulu melalui artikel terkait, dilanjutkan dengan penyusunan materi dan pelaksanaan pemberian edukasi kepada guru dan orangtua. Hasil dari kegiatan edukasi ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran peserta tentang pentingnya pembatasan dari penggunaan gadget serta perlunya memberikan stimulasi sosial yang seimbang melalui aktivitas bermain bersama, komunikasi langsung dan keterlibatan anak dalam kegiatan kelompok.
References
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak Pengaruh Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. AL-IRSYAD AL-NAFS: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v10i1.41022
American Academy of Pediatrics. (2020). Media and Young Minds. https://pediatrics.aappublications.org/content/138/5/e20162591
Devindah, T. O., & Zulkarnaen, Z. (2024). Pengaruh Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 357–365. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.544
Febrianti, S. D. A., & Sulaiman, S. (2022). Perilaku Terhadap Gadget dan Dampak Negatifnya pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Desa Padang Tikar Dua Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i2.2084
Filza, N. I., & Wulandari, H. (2023). Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 210–218. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21931
Jafri, Y., & Dafega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Bahasa Anak Usia 3–6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), 76–82. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/573
Oktaviana, A. (2023). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 12–20. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544
Paramasanthi, G. A. M. L., Witari, N. P. D., & Riandra, N. P. I. K. (2024). Hubungan Lama Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah di TK Tunas Mekar Sari, Denpasar. Aesculapius Medical Journal, 4(2), 239–243. https://doi.org/10.22225/amj.4.2.2024.239-243
Putri, A., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5–6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 123–130. https://aulad.org/aulad/article/view/677
Saputra, E. (2021). Dampak Bermain Gadget Pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 45–52. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula/article/view/1233
World Health Organization. (2021). Guidelines on physical activity, sedentary behaviour and sleep for children under 5 years of age. https://www.who.int/publications/i/item/9789241550536
Zuhra, H., Husnaini, N., & Imran, K. S. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2–3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 45–52. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/5721
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zhilla Rahim, Maulida Shanti Yusuf, Rahmi Wardah Ningsih, Dewi Yunisari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.