PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN SOSIALISASI APLIKASI MOBILE JKN DI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.52317/jupkes.v4i2.49Keywords:
Layanan Aplikasi Mobile JKN, Pengetahuan, Rumah SakitAbstract
Data dari Bahan Ajar BPJS (2023) menunjukkan terdapat 16,034 juta jiwa yang telah menggunakan aplikasi Mobile JKN dari total pengguna layanan BPJS Kesehatan yang berjumlah 241,75 juta jiwa di Indonesia tahun 2022. Artinya hanya terdapat 4,15 % orang yang menggunakan layanan Mobile JKN dari seluruh pengguna layanan BPJS Kesehatan. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah membantu mempermudah masyarakat dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses melalui smartphone. Inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan ini agar mempermudah dalam pendaftaran online. Metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah dengan memberian edukasi melalui luring tentang Layanan aplikasi mobile JKN kepada pasien pengguna mobile JKN dengan menggunakan media Booklet. Pemberian pre dan post test untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta. Edukasi ini dilaksanakan secara langsung menggunakan media booklet. Hasil nilai pretest dan postest. Hasil nilai pre test dan post test terjadi peningkatan pengetahuan tentang penggunaan layanan aplikasi mobile JKN yang awalnya 40% mengalami peningkatan menjadi 88%. Kesimpulan: Setelah diberikan edukasi maka terdapat peningkatan pengetahuan dan kesadaran peserta tentang penggunaan layanan aplikasi Mobile JKN pada peserta BPJS Kesehatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hotmarina Lumban Gaol, Jev Boris, Serlina Silalahi, Hetty Gustina Simamora, Ruth Agree Kartini Sihombing (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.